Sabtu, 07 Mei 2016

Tips Merawat Hardware Komputer Supaya Berumur Panjang

Hardware adalah suatu komponen komputer yang dapat kita lihat dan di sentuh bentuk fisiknya. Komputer sendiri tersusun dari banyak hardware yang mana hardware tersebut memiliki fungsi khusus untuk menjalankan komputer. Menurut fungsinya hardware komputer sendri terbagi menjadi beberapa diantaranya, perangkat masukan (input device), perangkat keluaran (output device), perangkat proses (process device), perangkat penyimanan (storage devide) dan perangkat tamahan atau periferal. 

Itu adalah info sedikit mengenai hardware komputer, pada artikel ini saya tidak akan memberikan penjabaran rinci mengenai hardware, sesuai judul disini saya akan berbagi bagaimana cara untuk merawatnya agar bisa anda gunakan agar tdak mudah rusak dan berumur panjang.

Tips Merawat Hardware Komputer Supaya Berumur Panjang
Source: Google Images

1. Jagalah Kebersihannya

Banyak pengguna yang tidak memperhatikan hal yang satu ini, padahal kebersihan komputer sangatlah vital dan harus dijaga kebersihanya. Banyak sekali kasus hardware komputer yang rusak hanya karena disebabkan kotoran ataupun benda asing yang masuk, seperti tidak berfungsinya kipas pendingin sampai tidak berfungsinya papan ketik (keyboard). Untuk itu saya mengajak diri saya "khususnya" dan anda agar tidak bersikap "masa bodoh" dengan kebersihan komputer. Lalu bagaimana cara merawat hardware komputer agar kebersihannya terjaga? Anda bisa memulainya dengan membiasakan diri untuk membuka Chasing komputer anda minimal 1 bulan sekali, bersihkanlah dengan hati hati jangan sampai niat anda membersihkan malah merusak hardware tersebut. Bersihkan debu-debu yang menempel dengan kain yang lembut dan jangan sekali-kali menggunakan air saat membersihkannya.

2. Stabilkan Tegangan 

Tegangan arus listrik yang tidak menentu dapat menggangu stabilitas komputer anda, akibat dari hal ini akan berimbas pada kerusakan hardware. Untuk itu saya sarankan gunakan Stabiliser untuk menstbilkan tegangan listrik agar hardware kompueter anda tidak mudah rusak. Pilihlah merk stabilizer yang terbercaya, jangan asal membeli. Anda bisa mencari info stabiliser yang bagus di internet. Memilih Stabiliser yang abal-abal hanya akan menambah pengeluaran uang anda karena stabiliser ini tidak aka tahan lama.

3. Perhatikan Suhu Komputer Anda

Usahakan saat anda menggunakan komputer, suhu komputer anda tetap dingin terutama untuk sang otak komputer (prosesor) karena jika prosesor komputer anda sudah sangat panas (overlock) hal ini akan membuat komputer anda rawan servis. Jika komputer anda memiliki karakteristik yang mudah panas, jangan pernah anda melepas kipas pedingin agar suhu komputer yang panas bisa diminimalisir.

4. Jauhkan Komputer Anda Dari Magnet

Kasus yang paling banyak terjadi pada pengguna komputer adalah meletakkan speaker berdekata dengan komputer. Padahal speaker adalah benda yang memiliki maget yang sangat berpotensi merusak hardware komputer anda. Untuk itu, agar potensi kerusakan hardware dapat dikecilkan, jauhkan segala magnet ataupun benda "bermagnet" dari komputer anda.Ingat, mencegah lebih baik daripada memperbaiki.

Jika anda merasa komputer anda baik-baik saja dan masih acuh dengan kebersihan komputer anda. Sadarlah segera, hal--hal kecil seperti ini bisa saja menyebabkan kerusakan yang besar dan memakan biaya yang cukup banyak. Untuk itu, Ayo jaga kebersihan komputer anda

0 komentar:

Suporter Cinta Damai. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Free blogger Themes | Bloggerized by G'mbiz - Premium Blogger Themes | AriefGembiz, AriefGembizMedia