Sabtu, 07 Mei 2016

Beberapa Layanan Yang Ada Di Internet Beserta Penjelasannya

Internet merupakan sebuah jaringan yang sangat luas dimana semua orang bisa terhubung didalamnya. kita bisa melakukan apa saja yang kita mau dengan internet ini. Internet dapat pula mempermudah semua pekerjaan kita, seperti jual-beli online, dapat berkomunikasi tatap muka jarak jauh dan masih banyak lagi. Di samping banyaknya keunggulan yang dimiliki internet ini, tidak sedikit pula kelemahan yang  dengan adanya Intenet ini.



Beberapa Layanan Yang Ada Di Internet Beserta Penjelasannya

Jaringan yang semula hanya menghubungkan beberapa Universitas di Amerika ini saat ini sudah menjadi jaringan yaang sangat besar dan bisa dijangkau dimana saja dan kapan saja. Saat ini, semua orang di dunia tidak dapat dipisakan dengan dunia internet, Internet ini seolah olah suah menjadi kebutuhan pokok masyarakat dunia. 

Di Internet, saat ini sudah terdapat berbagai macam layanan layanan yang dapat di gunakan oleh siapa saja. Layanan yang ada di internet ini juga sangat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan ataupun untuk berinteraksi dengan orang lain melalui internet. Berikut beberapa layanan internet yang saya maksud.

1. Electronic Mail ( E-Mail )

Email atau Surat Electronik ini adalah sebuah layanan internet yang dapat digunakan untuk sudat menyurat dalam bentuk Elektronik. Layanan internet ini merupakan layanan internet pertama di dunia bahkan sebelum internet ada, Email ini sudah di ciptakan. Dengan menggunakan layanan Email ini, kita tidak perlu lagi ke kantor pos atau sejenisnya untuk mengirimkan surat, surat yang dikirim pun akan langsung sampai beberapa menit. tidak seperti degan kantor pos yang dapat memakan waktu berhari-hari

2. Mailing List ( Milis )

Mailing List merupakan layanan internet yang digunakan di internet untuk berdiskusi dalam suatu komunitas. Mailing list ini berbeda dengan Email. Jika email hanya dapat melibatkan 2 anggota saat mengirim atau menerima surat, Dengan milis, jika salah satu anggota mengirimkan surat, makan semua anggota yang ada didalamnya dapat melihat surat tersebut, semua anggota pun berhak untuk membalasnya.

3. Internet Relay Chat ( IRC )

Sebutan lain dari layanan internet IRC ini adalah chatting, dengan menggunakan IRC ini, 2 orang dapat berkomunikasi secaara Real Time, atau saat itu juga. Saat ini terdapat 2 layanan chatting yaitu text chat ( chatting dengan menggunakan teks ) dan video chat ( chatting dengan bertatap muka langsung dengan bantuan webcam ).

4. E-Commerce

E-Commerce merupakan sebuah layanan internet yang di dalamnya terdapat kegiatan jual beli. Dengan adanya layanan ini, semua orang tidak perlu bersusah payah pergi ke mall, pasar atau sebagainya untuk membeli barang, Kita hanya membuka situs yang menyediakan barang - pilih barang yang ingin dibeli - bayar- dan tunggu barang tersebut akan di antar ke rumah kita.

5. E-Learning

E-Learning merupakan bentuk pelayanan yang memungkinkan proses belajar mengajar secara online. Siswa dan Guru tidak perlu bertemu/bertatap muka secara langsung, hanya dengan koneksi internet guru memberikan materi melalui internet ini, dan siswapun tinggal membacanya dengan komputer/laptop.

6. Elektronik Banking ( E-Banking )

E-Banking juga di sebut dengan Virtual Banking, Cyber Banking ataupun Home Banking. Disebut seperti itu karena dengan layangan E-Banking ini, hampir semua hal yang biasanya sobat lakukan dengan mendatangi Bank bisa di lakukan secara online. Bahkan sekarang ini sudah banyak Aplikasi E-Banking yang bisa digunakan pada smartphone.

7. E-Goverment

E-Govermet ini merupakan sebuah layanan internet yang memunkinkan Pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat secara online. Dengan adanya E-Goverment ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang lebih baik.

Itu tadi beberapa layanan yang ada di internet beserta penjelasannya. semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Suporter Cinta Damai. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Free blogger Themes | Bloggerized by G'mbiz - Premium Blogger Themes | AriefGembiz, AriefGembizMedia