Minggu, 08 Mei 2016

Mengenal Virus Komputer dan Penemunya

Virus, sebuah makhluk kasap mata yang berada di mana saja dapat membuat kesehatan orang yang diserangnya menurun bahkan meninggal dunia. Jumlah virus akan terus bertambah dan tidak dapat dihentikan. Karena memang belum ada alat atupun teknologi yang bisa membasminya. Tetapi pada postingan kali ini yang akan saya bahas bukan virus yang itu lho yaa, melainkan Virus Komputer!

Virus komputer ini juga memiliki banyak kesamaan dengan virus di dunia nyata. Virus Komputer juga menyebar, merusak dan tidak dapat dihentikan penyebarannya. Walaupun saat ini sudah diciptakan software Antivirus yang dirancang untuk membasmi virus komputer, tapi   Antivitus ini hanya mampu untuk mencegah agar virus komputer ini tidak merusak. Antivirus tidak dapat menghentikan perkembangan Virus Komputer di dunia.


Lalu, sebenarnya apa Virus Komputer itu?

Virus komputer adalah sebuah program komputer juga, tetapi memiliki sifat merusak. Program virus komputer ini dapat menggandakan dirinya dan memasukkannya ke dalam program, file ataupun fokumen di dalam komputer.

Cara kerja virus ini tidak langsung merusak perangkat PC, tapi virus komputer ini akan memaksa perangkat keras komputer (seperti, kartu grafis, prosessor, dll) bekerja lebih keras dan akhirnya hardware akan rusak. Jika ada virus yang dapat merusak hardware, berarti virus tersebut sangatlah berbahaya. Saat ini virus kompuer kebanyakan ditargetkan untuk merusak sistem.

Penemu Virus Komputer Pertama

Tidak mungkin ada asap kalau tidak ada api, tentu ada orang dibalik terciptanya virus komputer ini. Siapa yang menciptakan program perusak ini? dia adalah "Rich Skrenta".
Skrenta lahir ke dunia pada tahun 1967 di Pittsburg. Pekerjaannya adalah seorang programer handal dan juga berprofesi sebagai pengusaha.

Rich Skrenta
Saat masih duduk di bangku Sekolah Menegah Atas, Rich Skrenta berhasil menciptakan virus komputer yang digadang gadang menjadi virus komputer pertama di dunia "Elk Cloner". Elk Cloner diciptakan untuk menyusup ke Apple II, tetapi tidak diduga, Elk Cloner keluar dari ruang lingkupnya. Elk Cloner dapat membagikan program aplikasi, mematikan komputer serta menampilkan kata kata pada monitor komputer.

Kacaunya, Elk Cloner ini tidak ada obanya, artinya tidak ada satupun program/alat yang dapat menghentikannya. Satu satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan menghapusnya secara manual dan itu sangatlah rumit.

Saat ini virus komputer sudah banyak jenisnya mulai dari yang menimbulkan efek ringan hingga level sangat berbahaya. Untuk itu, selalu berhati hatilah saat menginstal program dan mendownload file di internet, bisa saja program/file tersebut sudah disisispkan virus yang berbahaya. Jangan lupa juga utuk menginstal Antivirus pada komputer anda (WAJIB!).

0 komentar:

Suporter Cinta Damai. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Design by Free blogger Themes | Bloggerized by G'mbiz - Premium Blogger Themes | AriefGembiz, AriefGembizMedia